Senin, 07 Mei 2018

MAKANAN-MAKANAN KHAS DAYAK KALIMANTAN






1.  Juhu Singkah / Umbut Rotan

 Umbut Rotan (rotan muda) adalah salah satu makanan khas yang dimiliki oleh Suku Dayak, terutama dari Kalimantan Tengah. Dalam bahasa Dayak Maanyan, umbut rotan dikenal dengan uwut nang'e. Sedangkan dalam bahasa Dayak Ngaju dikenal dengan juhu singkah. Umbut rotan ini dikenal masyarakat dayak karena mudah diperoleh didalam hutan tanpa perlu menanamnya terlebih dahulu. Cara pengolahannya yaitu pertama rotan muda dibersihkan kemudian kulitnya dibuang dan dipotong dalam ukuran kecil. Umbut rotan seringkali dimasak bersama dengan ikan baung dan terong asam. Umbut Rotan memiliki rasa gurih, asam, dan kepahit-pahitan yang bercampur dengan rasa manis dari daging ikan sehingga membuat umbut rotan memiliki citarasa tersendiri.


 2.  Kalumpe / Karuang

Kalumpe / karuang adalah sayuran yang dibuat dari daun singkong yang ditumbuk halus. Kalumpe merupakan bahasa Dayak Maanyan dan karuang sebutan sayur ini dalam bahasa Dayak Ngaju. Dalam pembuatannya, biasanya daun singkong ditumbuk halus dan dicampur dengan terong kecil atau terong pipit. bumbu untuk masakan ini adalah bawang merah, bawang putih, serai dan lengkuas yang dihaluskan. Apabila ingin bisa ditambahkan cabe. Kalumpe terasa sangat enak apabila sedang panas. Masakan ini biasa disajikan bersama dengan sambal terasi yang pedas dan ikan asin.


 3. Wadi

Wadi adalah makanan berbahan dasar ikan atau menggunakan daging babi. Wadi bisa dibilang adalah makanan yang "dibusukan". Namun pembusukan ini tidak dibiarkan begitu saja, sebelum disimpan, ikan atau daging akan dilmuri dengan bumbu yang terbuat dari beras ketan putih atau bisa juga biji jagung yang di-sangrai sampai kecoklatan kemudian di tumbuk manual atau di blender. Dalam bahasa Dayak Maanyan bumbu ini disebut dengan Sa'mu dan dalam bahasa Dayak Ngaju disebut dengan Kenta. Pembuatannya yaitu ikan atau daging yang hendak diolah dibersihkan terlebih dahulu, kemudian direndam selama 5-10 jam dalam air garam. Kemudian daging atau ikan diangkat dan dibiarkan mengering. Setelah cukup kering ikan atau daging dicampur dengan Sa'mu sampai merata. Kemudian daging disimpan dalam kotak kaca, stoples, atau plastik kedap udara yang ditutup rapat-rapat. Simpan kurang lebih selama 3-5 hari. Untuk daging disarankan simpan lebih dari 1 minggu. Setelah selesao, wadi tidak bisa langsung dimakan tapi harus diolah kembali antara lain dengan cara digoreng atau dimasak. Walau pembuatannya terlihat mudah, tetapi apabila terjadi kesalahan sedikit saja dalam memasukan bumbu serta perendaman maka akan membuat wadi menjadi tidak enak bahkan tidak bisa dimakan. Oleh karena itu ada orang-orang tertentu yang memilki keahlian untuk membuat wadi yang enak.

 4. Bangamat / Paing

Bangamat dalam bahasa Dayak Ngaju atau paing dalam bahasa Dayak Maanyan adalah masakan khas yang dibuat dari kelelawar besar / kalong (Pteropus vampyrus). Untuk konsumsi, kelelawar dengan jenis pemakan buah terbesar. Untuk kelelawar jenis pemakan serangga dan penghisap darah tidak digunakan dan tidak dikonsumsi untuk membuat makanan ini. Walaupun paing dikenal dan dikonsumsi di beberapa daerah, tetapi orang Dayak mempunyai ciri khas dalam pembuatannya. Paing yang akan dimasak dibersihkan dengan membuang kuku, bulu kasar ditekuk dan punggung, serta ususnya. Sementara sayap, bulu dan dagingnya dimasak. Untuk orang Dayak Ngaju paing dimasak dengan bumbu yang lebih banyak. Sedangkan untuk Dayak Maanyan, paing dimasak dengan bumbu yaitu serai dan daun pikauk (daun yang memiliki rasa asam). Paing sering dimasak bersama sayur hati batang pisang yang dipotong-potong, biasanya adalah pisang kipas. Serta juga bisa dimasak bersama dengan sulur keladi yang dipotong-potong.
0

Add a comment

  1.  Padahal, sudah jadi rahasia umum bahwa jajanan itu tidak baik untuk kesehatan. Pewarna merah untuk pakaian, pemakaian MSG terlalu banyak dan pengawet adalah bahan yang paling sering dipakai untuk mewarnai saos tomat abal-abal dan dipakai sebagai bumbu serbuk untuk berbagai makanan kering. Mie instan sebenarnya tidak bisa masuk kategori berbahaya, namum memakannya dalam kondisi mentah dapat menyebabkan masalah pencernaan.

    Isu mengenai bahaya bahan pengawet dan pewarna pakaian dalam makanan sudah jadi rahasia umum di negara kita. Banyak yang sadar bahwa makanan atau camilan yang dikonsumsi berpotensi bahaya, namun tetap saja dimakan.

    Apa Pendapat Mereka 

    Rasanya emang enak kok, terus murah. Sampai sekarang kadang masih pingin makan camilan itu, tapi tukang jualannya udah jarang di sini. - Ike Luciana Kartika Sandy

    Karena harganya murah dan rasanya bikin ketagihan karena pedas-pedas gurih, susah bikin kenyang. Dan iya benar, mengingatkan pada jajanan waktu SD. - Anita C'Leo

    Mengingatkan waktu masa SD, selalu jajan lidi-lidian, sampai sekarang kalau lagi kumpul, membuka memori tentang tentang si kecil panjang merah nan pedas.. jadi kangen pingin beli lagi. - Key Nay Nayla

    Nggak suka jajanan begitu dari kecil, karena selalu bawa bekal dari rumah. Tapi anak-anak sekarang, termasuk anak saya masih suka jajan yang begitu, padahal sudah bawa bekal. Biasanya setelah jajan jadi sakit demam, setelah diperiksa dokter ternyata radang tenggorokan, soalnya bumbunya itu yang bahaya. - Jasmine Alyssa Az Zahra

    2

    View comments

    1. Hemm... jadi setba salah ya jajanan sekarang.. kasian anak sekolahan jadinya.. harus cepat di tindak ini..
      Salam kenal dari kami min orAng bandung
      Reply
    2. Hemm... jadi setba salah ya jajanan sekarang.. kasian anak sekolahan jadinya.. harus cepat di tindak ini..
      Salam kenal dari kami min orAng bandung
      Reply
  2. Ini Cerita kami ketika kami menikamti perjalanan kami di kalimantan
    Jalan Kalimantan, yang berada di simpang Jln. Sumatera ini sudah terkenal akan variasi makanan/minuman yang ditawarkan pedagang kaki lima. Kami masih ingat tempat ini sempat menjadi primadona 8 tahun lalu, ketika kami masih mengenakan seragam sekolah. Sampai saat ini pun kawasan ini tetap ramai dikunjungi terutama di sore hari, walaupun beberapa pedagang sudah men-upgrade usahanya.



    Berdasarkan penelusuran dari zaman SMA hingga sekarang, pengunjung yang datang ke area ini masih kurang lebih sama, yaitu anak sekolahan di siang hari yang menghabiskan waktu 1-2 jam kemudian balik melanjutkan studinya, kemudian jeda dan dilanjutkan oleh ibu-ibu yang menunggu atau membawa anaknya sepulang dari kursus, lalu sore-nya dipadati oleh pekerja sepulang ngantor.
    Lokasi disini cukup strategis karena dekat dengan sekolah Methodist dan Sutomo, kampus Mikroskil, tempat kursus, serta beberapa perkantoran di jalan Thamrin. Tampak banyak gerai baru yang berjualan disini dibanding masa SMA lalu. Di siang hari ada yang berjualan bihun bebek, bakso, mie pangsit, dll. 

    Sedangkan di sore harinya lebih ke snack/kue-kue dan dessert seperti rujak, es cendol, gui ling gao, jus lidah buaya, dll. Mayoritas menjual snack dan makanan ringan, walau satu gerai yang menjual nasi ayam hainam cabang dari Jln. Selat Panjang no 10. Selain itu, gerai favorit kami ialah “Tok-tok”, sejenis makanan yang berisi jeroan babi, sayur, dan kerupuk renyah yang dilumuri saus kental. Rasanya tentu wangi dan enak, karena Acek ini sudah berjualan lebih dari 30 tahun. Kami juga mencoba sate padang disini, ada 2 gerai yang berjualan yaitu “Sabar Menanti” dan “West”. Keduanya menawarkan keunikan sendiri.
    0

    Add a comment

  3. Lokasi ini tergolong cukup dekat dengan kota Balikpapan.  Kami berangkat dengan menyewa mobil menuju ke arah Samarinda. Pada KM 38, terlihat ada plang gede bertuliskan “Taman Hutan Raya Bukit Soeharto”, nah itu artinya sudah harus belok ke kiri. Dari persimpangan jalan raya, masih diperlukan jarak tempuh sekitar 20 km untuk mencapai lokasi tujuan.

     Sebagian besar dari sisa perjalanan ini adalah jalanan yang hanya terbuat dari semen dan tanah. Diperlukan mobil berukuran tinggi (bukan sedan) yang bisa menaklukkan jalanan ini. Lama perjalanan dari pusat kota Balikpapan menuju lokasi ini adalah sekitar 2 jam.
    Sebagai informasi, Bukit Bangkirai ini kawasan wisata alam yang dikelola PT. Inhutani I Unit I Balikpapan. Kawasan wisata ini terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Wisata ini menawarkan pesona hutan hujan tropis yang masih alami.  Di kawasan ini terdapat canopy bridge (jembatan tajuk) sepanjang 64 m yang digantung menghubungkan 5 pohon Bangkirai di ketinggian 30 m. Jembatan tajuk ini merupakan yang pertama di Indonesia, kedua di Asia dan yang kedelapan di dunia. Konstruksinya dibuat di Amerika Serikat. (Sumber:  http://id.wikipedia.org/wiki/Bukit_Bangkirai)



    Lokasi yang merupakan hutan lindung ini masih bisa dinikmati, terutama oleh orang yg telah penat dengan polusi di kota-kota besar.  Salah satu andalan dari lokasi ini adalah pemandangan pepohonan di sekeliling, kedamaian suasana, dan canopy bridge (jembatan tajuk). Untuk mencapai jembatan ini, kami harus berjalan sekitar 300 meter dari pintu masuk utama.



    Tapi jangan khawatir, sepanjang perjalanan ini sudah dilengkapi anak tangga yang dikelilingi oleh pohon-pohon yang menjulang tinggi. Perjalanan 300 meter ini tidak akan terasa, sebab sepanjang perjalanan banyak sekali objek-objek yang bisa diambil fotonya.  Untuk menaiki jembatan tajuk, turis lokal diharuskan membayar Rp 15.000/pax atau Rp 30.000/pax untuk turis asing. Jembatan tajuk ini terletak +/- 30 meter di atas permukaan tanah.


    Butuh perhatian khusus bagi yang phobia ketinggian, namun sangat disayangkan jika sudah berada disini dan tidak menikmati indahnya hutan Kalimantan dari ketinggian.  Di mana lagi bisa menikmati pemandangan seperti ini kalau bukan di Bukit Bangkirai, Kaltim?  “he..he.. iklan DinBudPar”. Jembatan ini menghubungkan pohon-pohon Bangkirai dengan tali baja. Sepertinya cukup kuat untuk menahan berat badan orang dewasa normal.  Di atas jembatan ini, kita bisa melihat pemandangan hutan lindung yang sangat asri, suara serangga yang saling bersahutan, desiran dedaunan yang tertiup angin,  wangi khas hutan yang menunjukkan betapa hijaunya hutan ini. Sungguh pemandangan yang mengasikkan.




    Persiapan yang diperlukan:

    Jas hujan (seandainya hujan),  sepatu atau sandal gunung,  air minum  600-1500ml, sun block, topi,  snack.

    Biaya:

    Sewa mobil Rp350.000 (tanpa BBM).

    Tiket masuk untuk orang dewasa Rp 2.000, anak-anak Rp 1.000.

    Tiket masuk sepeda motor tarifnya Rp 2.000, mobil sedan atau sejenis Rp 5.000, bus atau minubus Rp 10.000.

    Tiket jembatan tajuk harganya Rp 15.000 untuk turis domestik dan Rp 30.000 untuk turis mancanegara.

    Fasilitas penginapan (jika ada yang tertarik untuk menginap) berupa cottage dua kamar berkapasitas delapan orang harga Rp 450.000/malam dan satu kamar berkapasitas enam orang seharga Rp 350.000/ malam.
    0

    Add a comment

  4. Goreng Ikan Tambah Salat yang Sedap 



    Bahan yang Di Butuhkan 
    Ikan goreng
    5 ekor ikan tuna tanpa tulang (bisa diganti ikan lain)
    2 butir telur
    4/5 gelas serpihan roti
    Garam
    Merica
    Salad kentang
    400 g kentang rebus, potong dadu
    1 bunga kol, direbus dan dipotong sedang
    8 kacang kapri, potong jadi dua
    Saus Salad
    3 sdt mayonais
    1 sdt madu
    5 sdt krim asam
    ½ sdt perisa lemon
    1 sdt bawang putih yang sudah dicincang
    Garam
    Gula
    Cara membuat:
    • Campur semua bahan saus salad dan sisihkan
    • Campur bunga kol, kentang dan kapri.
    • Campurkan saus dan sayur dan masukkan ke dalam lemari es selama 15 menit.
    • Bumbui ikan fillet dengan garam dan merica.
    • Lapisi ikan dengan telur, lalu gulingkan di atas serpihan roti.
    • Lelehkan margarine di atas panci atau Teflon lalu masukkan ikan sampai kecoklatan.
    • Keringkan minyak pada ikan agar tetap krispi.
    • Sajikan ikan dengan salad kentang.
    2

    View comments

  5. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ekstrak delima mencegah kerusakan ginjal dan melindungi ginjal dari racun berbahaya. Selain itu, delima juga melindungi hati Anda dan membantu untuk meregenerasi hati yang mengalami kerusakan.

    Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Delima dan jus delima meningkatkan kekebalan tubuh. Delima diketahui sarat dengan vitamin C.

    Antialergi

    Delima kaya akan polifenol dosis tinggi yang telah terbukti mengurangi proses biokimia yang terkait dengan alergi.

    Mencegah penyakit jantung

    Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah menunjukkan bahwa delima meningkatkan kemampuan tubuh untuk mensintesis kolesterol dan menghancurkan radikal bebas dalam sistem vaskular.

    Mencegah kanker

    Penelitian di salah satu universitas menunjukkan bahwa jus buah delima dan ekstrak delima dapat menyebabkan kematian sel kanker. Delima juga dapat mencegah kanker payudara dan penurunan perkembangan kedua jenis kanker kulit, karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa.

    Melindungi DNA

    Fitonutrien dan antioksidan dalam buah delima berinteraksi dengan materi genetik tubuh untuk melindunginya.

    Menormalkan tekanan darah

    Penelitian awal yang diterbitkan dalam satu jurnal menemukan bahwa ekstrak buah delima dapat membantu mencegah tekanan darah meningkat terkait dengan makan makanan yang tinggi lemak.

    Tidak hanya untuk kesehatan, buah delima bermanfaat juga untuk kecantikan. Antara lain :

    1. Kandungan gula Buah delima dapat digunakan sebagai bahan scrub untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati. Hasilnya kulit akan kelihatan segar dan muda selalu.

    2. Delima juga bisa digunakan sebagai sunblock alami karena memiliki ellagic acid yang sangat baik untuk melawan penyebab kanker kulit. Selain itu, delima juga bisa mengatasi kulit terbakar dan berbagai tanda kerusakan akibat sinar matahari lainnya.

    3. Kehebatan delima yang terakhir adalah bisa digunakan pada semua jenis kulit. Tidak peduli jika kulitmu kering atau berminyak. Buah ini sangat baik untuk mengatasi masalah kulitmu. Untuk kulit kering, minyak delima dapat masuk hingga lapisan kulit terdalam dan melembabkan kulit dari dalam sekaligus menguncinya. Ini karena delima kaya akan asam lemak omega 5. Sedang untuk kulit berminyak, minyak delima sangat baik untuk melawan dan mencegah timbulnya jerawat.
    0

    Add a comment

  6. Sambal Cibiuk adalah salah satu jenis sambal dengan tambahan daun kemangi. Rasanya pedas dan makin menambah selera makan. Cocok dijadikan sambal untuk berbagai hidangan lalapan.



    Bahan Utama:

    3 pucuk daun kemangi

    1 batang mentimun

    3 buah terung bulat hijau

    Bahan Bumbu Yang Dihaluskan:

    1 siung bawang putih

    2 cm kencur

    1 sendok teh terasi goreng

    15 buah cabe rawit hijau

    4 buah tomat yang sudah dipotong-potong

    1/2 sendok teh garam

    1 sendok teh gula merah yang sudah diiris

    1 buah jeruk nipis yang sudah diambil airnya

    Bahan Hiasan:

    Jeruk nipis

    Irisan tomat
    Cara Membuat:

    Siapkan semua bahan untuk dihaluskan dengan ulekan.
    Pertama-tama masukkan garam, terasi bakar dan cabe rawit hijau. Haluskan hingga semua bahan tercampur rata.
    Lalu masukkan kencur, ulek hingga halus, tambahkan bawang putih, haluskan kembali.
    Masukkan potongan tomat, ulek kembali hingga tercampur rata.
    Terakhir, tambahkan irisan gula merah yang. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
    Tambahkan perasan air jeruk nipis. Aduk kembali hingga rata.
    Beri kemangi, penyet dengan ulekan.
    0

    Add a comment





  7. 1. Hidung Badut
    Tumor ini membuatnya diledek habis-habisan semasa kecil dengan berbagai panggilan kejam. Ia bahkan diberitahu bahwa hidung merahnya tidak akan pernah dapat disembuhkan. Beruntung, kini Connie dapat tersenyum kembali setelah operasi terkhirnya sukses menyingkirkan tumor tersebut. Connie pun tumbuh kian cantik dan memiliki hidung normal seperti anak kebanyakan.


    2.Tempurung 
    Tempurung tersebut sejatinya adalah tahi lalat yang tumbuh semakin membesar seiring waktu hingga menutupi keseluruhan punggung bagian belakangnya. Anak laki-laki bernama Didier Montalvo ini bahkan dituduh telah terkena kutukan setan oleh penduduk setempat.
    Masyarakat sekitar takut pada Didier karena terlahir saat gerhana terjadi. Ibu Didier sendiri, Luz, tidak sanggup membawa anaknya ke rumah sakit untuk melakukan operasi pengangkatan 'tempurung'nya. Syukurlah, ada ahli bedah dari Great Ormond Street Hospital di London yang mendengar kabar soal keanehan Didier tersebut. Sang dokter yang bernama Neil Bulstrode itu pun mengajak tim medisnya untuk segera terbang ke Bogota guna mengoperasi bocah malang ini.
    0

    Add a comment


  8. Air merupakan antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh. Air membuat tubuh lebih berenergi, waspada, bahkan awet muda. Air  memberikan kontribusi besar terhadap kesehatan tubuh, angkanya 60-70 persen, menurut Riani.
    Karenanya, Riani mengatakan, tetap terhidrasi merupakan kondisi darurat yang perlu diperhatikan setiap orang. Oleh sebab itu, air mineral dibutuhkan sejak anak masih dalam kandungan, melalui asupan air ibu hamil, hingga anak dilahirkan atau dengan kata lain bayi pun boleh minum air mineral, hingga anak tumbuh besar hingga mencapai usia tua. Justru, katanya, para orang tua membutuhkan lebih banyak air dibandingkan orang muda.


    Mengapa darurat? Karena dehidrasi juga over dehidrasi menimbulkan berbagai gangguan fisik ringan hingga penyakit serius, bahkan kesehatan mental.

    Riani menyebutkan, dehidrasi memicu terjadinya infeksi saluran kencing, penuaan dini, obesitas, kolesterol, maag, gangguan pernapasan, gangguan pencernaan, capek tanpa sebab, tekanan darah tinggi dan rendah. Dehidrasi juga menimbulkan perasaan perseptif di antaranya mudah marah, depresi, cemas, gangguan tidur, kecanduan soda, alkohol, obat-obatan.

    "Sakit kepala dan maag, paling banyak terjadi karena dehidrasi," ungkapnya.

    Berbagai penyakit yang muncul akibat pola makan tidak sehat juga menjadi akibat lain dehidrasi. Jika tubuh terhidrasi dengan baik, cadangan air di dalam tubuh setidaknya bisa menyeimbangkan makanan atau minuman tak sehat yang masuk ke dalam tubuh.

    "Minum kopi membuang air di dalam tubuh, bisa bikin dehidrasi. Makan gorengan atau makanan tidak sehat lainnya juga bisa menimbulkan penyakit. Namun semua masalah ini bisa diseimbangkan dengan air, sehingga penyakit bisa diminimalisasi. Air sebagai detoks," terangnya.
    0

    Add a comment





  9. Pakaian adat Kalimantan Barat bermacam-macam diantaranya yaitu Pakaian adat king baba untuk laki laki dan king bibinge untuk perempuan. Pakaian ini adalah pakaian yang digunakan sudah sejak dulu oleh masyarakat Kalimantan Barat.


    Pakaian adat Kalimantan Barat berbahan kulit kayu yang diproses menjadi kain kulit kayu yang digunakan sebagai bahan pakaian adat Kalimantan Barat adalah Kulit kayu kapuo atau ampuro. Kulit kayu tersebut dipukul termasuk di pukul di dalam air menggunakan pemukul yang berbentuk bulat. Kemampuan mengolah kulit kayu menjadi kain oleh masyarakat Kalimantan Barat merupakan kemampuan yang secara turun temurun diturunkan oleh nenek moya masyarakat Kalimantan Barat. Selain itu, kemampuan lain masyarakat Kalimantan Barat itu adalah menenun.

    Dalam berpakaian masyarakat Kalimantan Barat, ada pembeda antara pakaian laki-laki dan perempuan. Pembeda itu yaitu pakaian laki laki terdiri dari tutup kepala berhiaskan bulu burung enggang, baju tanpa lengan, celana panjang dan ikat pinggang antara batas lutut dan kain. Untuk pakaian perempuan yaitu kain yang menutupi dada, lapisan kain yang berfungsi sebagai stagen dan bahan berupa bulu burung enggang sebagai perhiasan kepala, manik-manik, kalung. Ada juga beberapa pakaian adat masyarakat Kalimantan Barat yang disesuaikan pemakaiannya berdasarkan kegiatan yang mereka lakukan.



    Selain pakaian adat diatas, banyak pakaian adat Kalimantan Barat yang dipandang begitu berharga oleh masyarakat setempat  yaitu King Maniks, tajung batabur, Indulu Batabur, kamprio, Dabal, King Kabo, Indulu Kalit kayu Tempo, Indulu Manik, King Tatak, Tajug kaenKampo, Bulangmalahalangke, Bulang Ara, Baju Burng, Bulang Uri, Bulang Bidang, King Bidan, dan Ming Batabur.
    0

    Add a comment

  10. Kalimantan Tengah merupakan provinsi terbesar di Pulau Kalimantan, luasnya sekitar 253.800 km² dimana sebagian besar wilayahnya adalah hutan. Bagian utara adalah pegunungan yang sulit dijangkau, bagian tengahnya merupakan hutan tropis yang lebat. sedangkan wilayah selatan adalah rawa dengan banyak sungai. Iklim di Kalimantan panas dan lembab.

    Kalimantan Tengah memiliki posisi geografisnya yang cukup strategis, berhadapan langsung dengan Laut Jawa dan berbatasan dengan provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur,
    Di provinsi inilah Anda berkesempatan untuk berwisata alam di tempat yang tepat. Itu karena Kalimantan Tengah sangat kaya dengan cagar alamnya,  seperti di Bukit Raya dan kelompok Hutan Monumental Kotawaringin Timur, Bukit Sapat Hawung di Barito Utara, dan Merang di Kota Palangkaraya.

    Selain itu ada juga suaka alam darat dan laut di Kotawaringin Barat. Air terjun Malau Besar dan Pauras di Barito Utara, Tangkiling di Palangkaraya. Pantai yang indah dan alami di Kotawaringin Barat, serta Ujung Pandaran di Kotawaringin Timur.

    Orangutan merupakan hewan endemik yang masih banyak Anda dapat jumpai di Kalimantan Tengah khususnya Taman Nasional Tanjung
    Puting dengan luas mencapai 300.000 Ha tepatnya di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Seruyan. Di sini juga terdapat hewan lain seperti beruang, landak, owa-owa, beruk, kera, bekantan, trenggiling, buaya, kukang, paus air tawar (tampahas), arwana, manjuhan, biota laut, penyu, bulus, burung rangkong, betet, dan lain-lain.

    Kalimantan Tengah menawarkan kepada Anda pengalaman mengesankan berwisata alam, budaya, seni, dan wisata kuliner.
    Sejarah
    Awalnya Kalimantan Tengah merupakan bagian dari Kalimantan Selatan.

    Kalimantan Tengah sudah ada selama ratusan tahun.

    Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu awal di Indonesia yang kemudian memeluk Islam dan berpusat dari Brunei Darussalam.

    Abad ke-17, Belanda dan Inggris mulai menjajah daerah ini. Belanda menggunakan taktik divide et ampera, yaitu politik memecah belah untuk kemudian menguasai Kalimantan.  Suku-suku yang tersebar saling waspada satu sama lain hingga akhir abad ke-19, ketika Tumbang Anoy mengadakan perjanjian perdamaian di Hulu Kahayan, Kalimantan Tengah. Akhirnya Kalimantan Tengah dinyatakan sebagai provinsi pada tanggal 23 Mei 1957.

    Transportasi
    Dengan penerbangan domestik Garuda Indonesia yang terbang 3 kali sehari langsung ke Palangka Raya, ibu kota Kalimantan Tengah.

    Masyarakat dan Budaya
    Orang Melayu, Dayak, dan Bugis mendominasi daerah ini. Beberapa keturunan orang Dayak masih tinggal dan terisolasi di belantara hutan.

    Sebutan umum suku Dayak yang ada di Kalimantan Tengah adalah suku Dayak Ngaju karena yang paling dominan. Suku lainnya yang tinggal di pesisir adalah Banjar Melayu Pantai merupakan 24,20 % populasi. Di samping itu ada pula suku Jawa, Madura, Bugis dan lain-lain. Gabungan suku Dayak (Ngaju, Sampit, Maanyan, Bakumpai) mencapai 37,90%. Keturunan suku Dayak yang mendiami provinsi ini adalah orang Ngaju, Ot Danum dan Ma.

    Bahasa daerah di Kalimantan Tengah terdiri dari puluhan, bahkan ratusan bahasa Dayak. Namun, dalam pergaulan sehari-hari, bahasa yang kerap digunakan adalah bahasa Dayak Ngaju, Dayak Maayan, Dayak Kapuas, bahasa Jawa, dan bahasa Banjar.

    Suku Dayak dikenal dengan “Rumah Betang” sebuah rumah besar yang dihuni beberapa keluarga sekaligus secara turun-temurun. Karena itulah kekerabatan mereka sangat erat dan menjadi unsur dominan keberlangsungan kebudayaan unik ini.

    Kuliner
    Kuliner makanan Palangkaraya itu didominasi oleh masakan khas Banjar dan khas Dayak, selain ada juga olahan masakan khas Jawa. Menu khas Dayak yang terkenal yaitu umbut rotan dan daun singkong bersantan.

    Anda mungkin belum pernah mencoba makanan yang terbuat dari rotan. Anda tidak perlu  memiliki gigi yang kuat untuk mengunyah sesuatu yang biasanya digunakan untuk untuk membuat furniture. Rotan yang masih sangat muda dan lunak serta lapisan luarnya dibuang. Lalu bagian dalam rotan yang masih muda itu dimasak bersama sayuran lain. Rasanya agak kenyal dan pahit, dan sebaiknya dimakan dengan ikan.

    Di Palangkaraya Anda akan dimanjakan dengan kuliner berbahan ikan rawa seperti gabus, tauman, mihau, kihung, kerandang, sepat siam, patung, biawan, pepuyu, sepat, sisili, kapar, serta beberapa ikan yang pastinya tidak Anda dapatkan di tempat lain.
    1

    View comments




Loading
Tema Tampilan Dinamis. Diberdayakan oleh Blogger.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar